Kembali ke berita
Cathay Pacific Cargo memperkenalkan Fly Greener, program penyeimbangan karbon untuk angkutan udara

Cathay Pacific Cargo memperkenalkan Fly Greener, program penyeimbangan karbon untuk angkutan udara

Kalkulator emisi karbon program ini memudahkan penyeimbangan emisi dan mendanai proyek pengurangan karbon Standar Emas dengan komponen sosial

Cathay Pacific memimpin dalam upaya keberlanjutan penerbangan di Asia dengan perluasan Fly Greener ke layanan kargo udaranya. Fly Greener adalah program offset karbon yang didukung oleh kalkulator emisi karbon terintegrasi, sebagai bagian dari komitmen maskapai untuk mengatasi perubahan iklim dengan mencapai emisi karbon nol bersih pada tahun 2050.

Kalkulator emisi karbon baru menghitung emisi karbon pengiriman dan biaya untuk mengimbanginya hanya dalam beberapa langkah sederhana. Pelanggan kemudian dapat memberikan kontribusi untuk membeli penyeimbangan karbon yang berasal dari proyek penyeimbangan karbon yang dipilih dengan cermat. Semua proyek yang dipilih disertifikasi di bawah Standar Emas untuk memastikan pengurangan karbonnya diverifikasi, dan memberikan manfaat sosial dan pembangunan.

Program penyeimbangan karbon mengikuti peluncuran Program Bahan Bakar Penerbangan Berkelanjutan (SAF) Cathay Pacific awal tahun ini, yang membawa SAF ke Bandara Internasional Hong Kong untuk pertama kalinya dalam sejarah. Ini memberikan pelanggan korporat kesempatan untuk mengurangi jejak karbon mereka dari perjalanan bisnis dan pengiriman kargo udara dengan berkontribusi pada penggunaan SAF. Cathay Pacific juga merupakan salah satu operator pertama di dunia yang mengumumkan target 10% SAF dalam total penggunaan bahan bakar pada tahun 2030.

General Manager Cargo Commercial George Edmunds mengatakan: “Kalkulator emisi karbon adalah alat lain yang kami sediakan untuk membantu pelanggan kami mencapai target keberlanjutan mereka untuk membuat bisnis dan industri kami lebih berkelanjutan. Bersamaan dengan promosi dan pengembangan kemampuan Bahan Bakar Penerbangan Berkelanjutan kami, kalkulator ini akan memberikan fleksibilitas kepada pelanggan kami untuk mengimbangi emisi karbon mereka melalui serangkaian proyek penggantian kerugian karbon yang terakreditasi.”

Pelanggan telah dapat memperkirakan potensi emisi karbon mereka dengan mencari koneksi penerbangan dengan kalkulator emisi di cathaypacificcargo.com, tetapi sekarang pelanggan terdaftar yang menggunakan situs web akan dapat mengimbangi pengiriman mereka dengan nomor air waybill (AWB). Pengguna dapat memasukkan lima nomor AWB sekaligus, tetapi dapat mengirimkan aplikasi sebanyak yang diperlukan selama periode bulanan apa pun. Alat, yang menggunakan metodologi IATA terbaru, akan menunjukkan volume emisi dan menampilkan biaya offset dalam mata uang lokal, dihitung berdasarkan berat, dan jenis pesawat.

Tingkat detail ini merupakan inti dari skema tersebut, seperti yang dijelaskan oleh Simon Ng, CEO Global Logistic System (HK) Co., Ltd (GLSHK), anak perusahaan milik Cathay Pacific yang merancang teknologi tersebut. Ng mengatakan: “Beberapa faktor dapat menyebabkan perbedaan dalam jumlah emisi yang dihasilkan oleh pengiriman yang dipesan. GLSHK membantu menyempurnakan sistem ini dengan Cathay Pacific Cargo dengan menggunakan berbagai sumber data untuk menghitung emisi untuk pengiriman termasuk rute terbang aktual, jenis pesawat, dan jarak terbang aktual untuk memaksimalkan akurasi offset bagi pelanggan kami.”

Setelah setiap pengiriman, pelanggan akan dikirimi spreadsheet yang menunjukkan total yang dibawa dan diklaim, ditambah perhitungan karbon-offset. Mereka juga akan menerima laporan bulanan yang menampilkan semua pengiriman dari bulan sebelumnya dan total yang harus diselesaikan. Pelanggan kemudian akan menerima sertifikat yang menunjukkan total offset dan proyek yang telah mereka dukung, untuk proses audit keberlanjutan mereka sendiri.

Kontribusi moneter langsung digunakan untuk mendanai proyek tervalidasi pihak ketiga yang membantu mengimbangi CO2 yang dihasilkan oleh pengiriman, melalui kredit karbon yang dibeli oleh Cathay Pacific dan diteruskan ke pelanggan dengan biaya. Maskapai ini tidak mendapat untung dalam transaksi karbon-offset.

Skema tersebut saat ini mendukung empat proyek yang menghadirkan kompor masak hemat bahan bakar untuk keluarga di Bangladesh, air panas bertenaga surya untuk rumah tangga di India, dan kompor masak bertenaga surya dan pabrik biogas kecil untuk keluarga di Daratan China. Anda dapat membaca lebih lanjut tentang proyek karbon-offset di sini.

Pada fase peluncuran, kalkulator emisi karbon akan menerima nomor AWB retrospektif, tetapi iterasi di masa mendatang akan melihat alat tersebut dibangun ke dalam solusi pemesanan dan konfirmasi digital Cathay Pacific Cargo, Click & Ship. Pelanggan akan dapat menambahkan offset langsung ke pemesanan mereka dalam proses sekali klik.

Head of Cargo Global Partnerships Chris Bowden mengatakan: “Kami sangat senang dapat mendorong kepemimpinan industri di Asia untuk keberlanjutan, dan kami berharap dapat bekerja sama dengan pelanggan kami untuk mempromosikan pengiriman kargo udara yang berkelanjutan. Kita tahu bahwa perhitungan karbon-offset bisa rumit dan harus akurat untuk tujuan audit keberlanjutan. Kami percaya bahwa kemudahan dan kesederhanaan Fly Greener dan kalkulator emisi karbon membuat ketelitian dan kerumitan yang masuk ke dalam perhitungan emisi karbon menjadi mudah dan ramah pengguna, yang merupakan sesuatu yang secara aktif dicari oleh pelanggan kami.”

 

Cathay Pacific

Cathay Pacific adalah maskapai penerbangan asal Hong Kong, menawarkan layanan penumpang dan kargo terjadwal ke tujuan di Asia, Amerika Utara, Australia, Eropa, dan Afrika. Cathay Pacific adalah salah satu maskapai kargo udara internasional terbesar di dunia. Divisi kargo maskapai, Cathay Pacific Cargo, mengoperasikan armada 14 Boeing 747-8F Freighter dan enam 747-400ERF (Extended Range Freighter). Cathay Pacific Group juga mencakup Air Hong Kong, sebuah maskapai kargo ekspres yang menawarkan layanan terjadwal dan charter di Asia. Cathay Pacific adalah anggota Swire Group dan terdaftar di Bursa Efek Hong Kong. Cathay Pacific berkomitmen untuk mencapai emisi karbon nol bersih pada tahun 2050, termasuk menargetkan 10% penggunaan Bahan Bakar Penerbangan Berkelanjutan untuk penerbangannya pada tahun 2030. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi cathaypacific.com.

Sistem Logistik Global (HK) Co., Ltd (GLSHK)

Global Logistics System (HK) Co., Ltd (GLSHK) mengkhususkan diri dalam digitalisasi proses bisnis kargo udara seperti Pemesanan, pertukaran e-AWB, dan Track & Trace untuk kargo khusus. Platform EzyCargo™ kami menghubungkan pengirim ke maskapai penerbangan dan terminal. Platform aplikasi lain menghubungkan maskapai penerbangan ke Bea Cukai untuk persyaratan informasi kargo lanjutan; dan ke kantor pos untuk pertukaran data surat. Mitra kami di seluruh dunia meliputi 3.000 lebih forwarder aktif, 90 lebih maskapai penerbangan, 75 lebih kantor pos, dan sebagian besar sistem bea cukai.