Kembali ke berita
Cathay Pacific akan membeli 38 juta galon AS Bahan Bakar Penerbangan Berkelanjutan dari Aemetis

Cathay Pacific akan membeli 38 juta galon AS Bahan Bakar Penerbangan Berkelanjutan dari Aemetis

Menandai langkah lain untuk memenuhi target penggunaan SAF 10% maskapai pada tahun 2030

Cathay Pacific hari ini mengumumkan penandatanganan perjanjian offtake dengan Aemetis untuk pasokan 38 juta galon AS Campuran Bahan Bakar Penerbangan Berkelanjutan (SAF) yang akan dikirim selama tujuh tahun mulai tahun 2025 dari Bandara Internasional San Francisco. SAF yang dibeli dapat mengurangi lebih dari 80.000 ton emisi karbon siklus hidup, setara dengan jumlah karbon yang diserap oleh lebih dari 1,3 juta bibit pohon yang ditanam selama 10 tahun. Perjanjian tersebut juga merupakan bagian dari inisiatif pengadaan bersama untuk SAF oleh aliansi oneworld, di mana Cathay Pacific adalah anggota pendiri.

Chief Executive Officer Augustus Tang mengatakan: “Cathay Pacific terus menegaskan kembali komitmennya untuk mengatasi perubahan iklim meskipun dalam masa-masa yang menantang ini. Dalam beberapa tahun terakhir, kami telah mengumumkan target net-zero karbon kami pada tahun 2050 dan tujuan kami untuk mencapai 10% penggunaan SAF pada tahun 2030. Dalam melakukan ini, kami telah membangun strategi pengadaan SAF yang kuat untuk membantu memenuhi tujuan kami. Kami senang bahwa perjanjian dengan Aemetis ini akan berkontribusi pada upaya itu, dan kami berharap ini juga akan mengirimkan sinyal yang tepat ke industri SAF untuk mendorong investasi yang sangat dibutuhkan dan meningkatkan rantai pasokannya.”

Campuran SAF yang akan dipasok berdasarkan perjanjian ini adalah 40% SAF dan 60% bahan bakar Petroleum Jet A-1 untuk memenuhi standar pencampuran internasional. SAF akan diproduksi di pabrik Aemetis Carbon Zero yang saat ini sedang dikembangkan di Riverbank, California. Fasilitas tersebut akan menggunakan limbah kayu untuk menghasilkan hidrogen selulosa, dan menggabungkannya dengan limbah dan minyak berkelanjutan yang tidak dapat dimakan. Kemudian akan diubah menjadi SAF menggunakan pembangkit listrik tenaga air netral karbon. Ini dijadwalkan untuk memulai pengiriman ke Cathay Pacific pada tahun 2025.

SAF memberikan manfaat lingkungan yang signifikan dibandingkan dengan bahan bakar jet minyak bumi, termasuk pengurangan emisi gas rumah kaca hingga 100% berdasarkan siklus hidup, tergantung pada teknologi yang digunakan. Ini adalah solusi penting dalam dekarbonisasi penerbangan selama beberapa dekade mendatang, terutama untuk penerbangan jarak jauh.

Ketua dan CEO Aemetis Eric McAfee mengatakan: “Penggunaan Bahan Bakar Penerbangan Berkelanjutan oleh Cathay Pacific adalah langkah lain dari Aliansi oneworld untuk mengurangi dampak lingkungan dari penerbangan. Bahan Bakar Penerbangan Berkelanjutan adalah solusi langsung untuk dekarbonisasi perjalanan udara dan penerbangan kargo, tanpa memerlukan infrastruktur bahan bakar baru yang ekstensif atau penggantian pesawat yang mahal.”

Cathay Pacific terus memelopori transisi industri penerbangan menuju penggunaan SAF secara substansial terutama dalam mendukung pengembangan dan penyebaran SAF di Asia.

Untuk informasi lebih lanjut tentang inisiatif Pembangunan Berkelanjutan Cathay Pacific, kunjungi: https://sustainability.cathaypacific.com/

 

Tentang Aemetis 

Berkantor pusat di Cupertino, California, Aemetis adalah perusahaan gas alam terbarukan, bahan bakar terbarukan, dan biokimia yang berfokus pada akuisisi, pengembangan, dan komersialisasi teknologi inovatif yang menggantikan produk berbasis minyak bumi dan mengurangi emisi gas rumah kaca. Produk Aemetis Carbon Zero termasuk bahan bakar nol karbon yang dapat “turun” untuk digunakan di armada pesawat, truk, dan kapal. Bahan bakar rendah karbon Aemetis telah secara substansial mengurangi intensitas karbon dibandingkan dengan bahan bakar berbasis fosil minyak bumi standar di seluruh siklus hidupnya. Aemetis telah meluncurkan proses produksi Carbon Zero untuk mendekarbonisasi sektor transportasi menggunakan infrastruktur saat ini. Untuk informasi selengkapnya tentang Aemetis, silakan kunjungi www.aemetis.com.