Kembali ke berita
Cathay Pacific Cargo meluncurkan Ultra Track di seluruh dunia

Cathay Pacific Cargo meluncurkan Ultra Track di seluruh dunia

Sistem pelacakan multi-dimensi menggunakan teknologi Bluetooth menawarkan pemantauan hampir waktu nyata untuk pelanggan dan intervensi proaktif bila diperlukan

Cathay Pacific Cargo memperkenalkan Ultra Track, produk pelacakan multi-dimensinya, ke jaringannya, dengan tahap perkenalan di 29 pelabuhan di seluruh dunia.

Ultra Track Cathay Pacific Cargo menggunakan Jaringan, Tag, dan Pembaca Descartes Core Bluetooth Low Energy (BLE). Pencatat data dan pemancar ini menawarkan visibilitas kepada pelanggan Cathay Pacific Cargo yang kini dapat memantau pengiriman hampir secara real-time melalui perjalanan kargo udara dari bandara ke bandara. Ini adalah aplikasi Cathay Pacific IoT (internet of things) pertama yang memungkinkan koneksi jarak jauh ke pengiriman.

Investasi ini mencerminkan ambisi strategis Cathay Pacific Cargo untuk menawarkan produk dan layanan yang lebih baik kepada pelanggan seiring dengan komitmen, yang dipimpin oleh IATA, untuk menghadirkan digitalisasi dan transparansi yang lebih besar ke industri kargo udara, dan untuk terus meningkatkan proses menggunakan inisiatif berbasis data.

Ultra Track sesuai untuk pengiriman farmasi, barang mudah rusak, dan pengiriman rentan lainnya. Para petugas pencatat merekam dan mengirimkan data ke pembaca Bluetooth di terminal kargo dan di area ramp sisi udara. Data mencakup lokasi dan suhu GPS – dan bergantung pada jenis pengiriman, ini dapat diperluas untuk mencakup cahaya, kelembaban (misalnya, untuk pengiriman bunga potong) dan getaran, yang penting untuk kargo khusus yang sensitif seperti mesin stepper, mesin cetak untuk microchip.

Sementara pelanggan dapat memantau pengiriman mereka, pengiriman dipantau 24/7 oleh OCC (Pusat Kontrol Operasi) Cathay Pacific Cargo, tim profesional kargo khusus yang tidak hanya memantau pengiriman tetapi juga dapat menginstruksikan staf terminal kargo dan ramp untuk mengambil langkah proaktif dan perbaikan tindakan. Pelanggan dapat berkomunikasi dengan tim OCC secara langsung menggunakan live chat.

Frosti Lau, General Manager Cargo Service Delivery Cathay Pacific mengatakan: “Jika sesuatu terjadi, seperti ekskursi suhu, OCC dapat menyelidiki dan menerapkan tindakan yang tepat untuk memperbaikinya. Ini berarti bahwa Ultra Track adalah proses pencegahan kerusakan dan pemulihan layanan yang menjadi satu.”

Untuk menggunakan Ultra Track, agen menempatkan perangkat Bluetooth pada pengiriman individual. Saat pengiriman dikirim ke terminal, pengiriman akan dilacak dan agen pemesanan akan memiliki visibilitas data pada sistem Ezycargo saat ini (didukung oleh GLSHK) atau di cathaypacificcargo.com, dengan memasukkan nomor air waybill untuk pengiriman.

“Pelanggan telah menuntut peningkatan visibilitas kargo udara mereka dan pandemi telah membuatnya semakin penting untuk produk rantai dingin bernilai tinggi dan farmasi,” kata Scott Sangster, VP, Penyedia Layanan Logistik Globalsat Descartes. “Kami senang bekerja sama dengan para pemimpin industri kargo udara seperti Cathay Pacific untuk membantu memberikan visibilitas pengiriman ujung ke ujung dan mengembangkan standar yang dapat diadopsi di seluruh industri.”

Data dari segmen dalam penerbangan dari perjalanan yang dikumpulkan dari penerbangan akan dikirimkan segera setelah perangkat Bluetooth bersentuhan dengan pembaca pada saat kedatangan, dan Ultra Track akan menunjukkan kemajuan pesawat menggunakan data dari Flightradar24.

Investasi di Ultra Track dan OCC mencerminkan komitmen Cathay Pacific Cargo terhadap digitalisasi dan teknologi baru – dalam hal ini IoT – untuk kepentingan pelanggan dan industri kargo udara yang lebih luas dengan menetapkan standar baru dalam kualitas layanan dan produk sambil membawa transparansi yang lebih besar ke perjalanan pengiriman.

Ultra Track memperkenalkan tingkat visibilitas tambahan untuk atribut kargo di sepanjang perjalanan pengiriman, yang selaras akan tetapi juga sebagai tambahan dari pelacakan pencapaian IATA Cargo iQ dan kontrol pengiriman yang ada.

Lau berkata: “Ketika industri penerbangan mulai pulih, kami ingin memastikan bahwa pengalaman pelanggan kami ditingkatkan melalui penggunaan teknologi digital yang lebih besar dan keterlibatan industri dengan IATA dan Cargo iQ. Kami ingin menjadi yang terdepan dalam pengembangan teknologi industri dan menggunakan teknologi terbaik untuk mengikuti kebutuhan pelanggan, dan melayani mereka dengan lebih baik di tahun-tahun mendatang.”

Untuk informasi lebih lanjut tentang Lintasan Ultra Cathay Pacific Cargo dan OCC, klik di sini.

Tentang GLSHK
GLS (Global Logistics System (HK) Company Limited) menyediakan solusi e-freight global terbaik di kelasnya untuk membantu industri kargo udara mencapai operasi kargo elektronik end-to-end yang bebas repot bagi para pemangku kepentingan di sepanjang kargo udara rantai pasokan. GLS mengubah data Ultra Track menjadi informasi yang mudah dicerna dan jelas dalam bentuk gambar dan tabel, memungkinkan pengirim atau agen untuk dengan cepat memahami kemajuan pengiriman mereka yang berharga. Informasi ini tersedia untuk pelanggan di cathaypacificcargo.com, platform GLS Ezycargo, dan aplikasi seluler Cathay Pacific Cargo.

Tentang Descartes
Descartes (Nasdaq:DSGX) (TSX:DSG) adalah pemimpin global dalam menyediakan solusi perangkat lunak sebagai layanan sesuai permintaan yang berfokus pada peningkatan produktivitas, kinerja, dan keamanan bisnis padat logistik. Pelanggan menggunakan modular Descartes, solusi perangkat lunak sebagai layanan untuk merutekan, menjadwalkan, melacak, dan mengukur sumber daya pengiriman; merencanakan, mengalokasikan dan melaksanakan pengiriman; menilai, mengaudit dan membayar tagihan transportasi; mengakses data perdagangan global; mengajukan dokumen kepabeanan dan keamanan untuk impor dan ekspor; dan menyelesaikan banyak proses logistik lainnya dengan berpartisipasi dalam komunitas logistik multimoda kolaboratif terbesar di dunia.